Oleh: hamzah73 | Oktober 31, 2009

Misteri Pohon Loreng Bau-Bau

Penulis : Hamzah

pohon-lorengAda jenis pohon yang sangat khas di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Warga menyebutnya sebagai ‘Pohon Loreng’ dan dapat dijumpai di kawasan hutan lindung Tirta Rimba. Tak perlu susah-susah mencarinya sebab pohon ini dapat dilihat langsung dipinggir jalan poros Bau-Bau-Pasarwajo.

Disebut Pohon Loreng, sebab sepanjang batang pohon dari bawah hingga ke ranting-ranting, kulitnya berlurik loreng khas tentara. Banyak yang mengira ada yang iseng sekedar mencorat-coret cat di batang pohon, hingga menyerupai loreng tentara, namun kenyataannya, memang tumbuh secara alamiah.

“Sudah menjadi misteri warga, sebab belum ada penelitian lebih lanjut tentang keberadaan pohon ini, “Yang pasti di Sulawesi Tenggara hanya di Bau-Bau ini ada pohon loreng seperti ini,” ujar Asdar Misbach, seorang pemerhati lingkungan asal Kabupaten Kolaka saat Perkempinas Juli lalu.

Ada saja cerita masyarakat tentang pohon loreng ini, ada yang menyebut bahwa pohon loreng menandakan akan memasuki kawasan militer Yonif 725 Woroagi di Kecamatan Sorawolio, bahkan dengan cerita-cerita mistik lainnya.

Pastinya, keberadaan pohon loreng di Bau-Bau cukup banyak di hutan tirta rimba, dan telah menjadi objek wisata alam bagi warga kota ini, saat Perkempinas lalu, hampir semua utusan propinsi dari seluruh Indonesia menyempatkan beerkunjung ke pohon loreng. (**)


Responses

  1. iya kak waktu pertama lihat sy hran,makanya sy berfoto disitu….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: