Oleh: hamzah73 | Maret 11, 2009

Berwisata di Pusat Jajanan Kuliner Kota Bau-Bau

Penulis : Hamzah

pujaseraKota Bau-Bau Sulawesi Tenggara makin menawarkan sejuta pesona. Kota yang kini berbenah menjadi kota baru menuju kota wisata dunia, pun terus berburu  dalam memanjakan hati para pengunjungnya. Tak lengkap rasanya menikmati pesona nusantara jika Anda tak pernah mengunjugi apa yang ada di Bau-Bau. Termasuk lidah Anda yang berselera ‘tradisional’ Indonesia. Hemm… yummi….
Dulu jika orang berkunjung ke Kota Bau-Bau, Pulau Buton Sulawesi Tenggara, tak disebut menginjakkan kaki di pulau ini jika Anda tak mengunjungi Benteng Keraton Buton di Kota Bau-Bau. Lebih dari itu, belum ‘sah’ rasanya jika Anda juga belum memegang Batu Buton (batu Petirtaan) di kawasan benteng ini. Maka sekarang paradigma itu ikut berkembang. Katanya, kalau Anda ke Kota Bau-Bau, maka tak lengkap hidup Anda jika tak mengunjungi semua potensi wisata kota ini, termasuk jajajan kulinernya..wah!!

lakebaPaket wisata yang dapat dikunjungi dengan akses muda di kota ini cukup beragam. Diantaranya paket wisata keraton Buton, Paket Wisata Pantai Kamali, paket wisata Pantai Nirwana dan Lakeba, Paket wisata Gua Lakasa, paket wisata Palabusa, paket wisata Air Jatuh, dan paket wisata bahari yang menyediakan Jetsky, parasailing, flying fish, banana boat, fiber bottom glass dengan air laut yang sangat bersih…sungguh sebuah surga duniawi…
Nah, kalau Anda sudah berkunjung ke objek tersebut dan merasa perut Anda saatnya ‘dapat giliran’ maka sejumlah kawasan kuliner juga akan melengkapi perjalanan wisata Anda. Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi diantaranya;

Pujaserata Betoambari, aneka kuliner tradisonal ada di sini

Pujaserata (Pusat jajanan serba ada dan tradisonal) Betoambari, Kawasan ini terletak di  kompleks Alun-alun Betoambari. Dulunya, eks stadion olah raga, namun oleh pemerintahan Walikota Drs MZ Amirul Tamim M.Si dipermak menjadi area publik terbuka, yang multi fungsi. Selain kawasan olahraga di areal terdepan terbangun pusat jajanan yang higienis dan murah, tapi tidak murahan.

Maklum, gaya semua jajanan terbingkai dalam kaca tembus pandang ala etalase pertokoan berkelas. Bahkan jika Anda sedikit ‘cerewet’ Anda bisa memperoleh resep dari kuliner yang tersedia, tentu sebagai ‘oleh-oleh’ jika Anda kembali kampung halaman.

Aneka jajajan, dari makanan hingga kue-kue tradisonal ada disini. Semisal Kasuami dan  tuli-tuli (dua panganan dari ubi singkong), aneka sayuran, ikan-ikanan siap santap, bahkan saya suka instan tersedia bungkusan. Jadi gak masalah yang malas memasak di rumah. Yang pasti, kondisi Pujaserata menggambarkan kawasan pusat jajanan di kawasan Senen Jakarta. Namun bedanya, Pujaserata Betoambari menawarkan kenyamanan yang tak ternilai. Bahkan cocok untuk santap malam bersama keluarga dengan panorama yang terbuka. Jangan ragu Bau-Bau saat ini sangat bersih, jadi selera makan Anda tetap terjaga.

Berjajan Ria di Pantai Kamali

Bau-Bau belakangan ini sangat identik dengan Pantai Kamali. Maklum posisi kawasan ini benar-benar telah menjadi wajah Kota Bau-Bau. Bahkan menurut sejumlah enterpreners, kawasan ini untuk sementara kawasan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, katanya dalam sepekan Milyaran rupiah berputar di Kamali. Wow!

pantai-kamali Lagi-lagi soal jajanan, Pantai Kamali dulunya jadi alternatif pertama, disini Anda bisa menikmati jajanan khas sepanjang pantai. Memang, Kamali identik dengan Losari Makassar, bedanya Kamali punya keunggulan lebih dari Losari. Selain pantainya yang sangat bersih, Anda juga bisa bernostalgia ala ‘pecinan’ disini ada Naga, sebagai simbolik keberanian dan keabadian..Lainnya, Kamali adalah kawasan hotspot yang punya bandwitch cukup besar…jadi minum Sarabba sambil internetan…sungguh mengasikkan…apalagi bersama orang-orang tercinta dihiasi temaram sunset…..hmmm…kenikmatan tiada tara….Yakinlah, jika Anda bakal merasakan sesuatu yang lain di sini….

Yang Modern Juga Ada

Ya, kalau Anda termasuk orang berselera modern, tak usah ragu…kuliner seperti ini banyak ditemukan di kota ini, apalagi yang ingin memadu selera makan Anda dengan fantasi bergaya Hawaiann..laut membiru…maka tawarannya adalah Lakeba Resort. Sebuah restoran yang dibangun untuk kelas menegah keatas…maklum ditempat ini selain memenuhi selera makan Anda dengan aneka penganan berkelas…Anda juga akan terbuai dengan panorama teluk Bau-Bau yang aduhai…Mau makan, mau mancing, mau bermain semuanya ok…yang pasti Lakeba yang letaknya 7 Km dari pusat kota Bau-Bau sungguh sebuah jamuan berkelas…

Selain Lakeba, di pusat kota  cukup beragam, ada Restoran Silvana yang terkenal dengan menu khas ayam goreng-nya juga Parende. (panganan ikan berkuah). Ada lagi restoran yang kerap dikunjungi artis ibukota…namanya RMB akronim dari Rumah Makan Betoambari. Memakai nama rumah makan untuk lebih dekat dengan konsumenya, tapi dari gaya bangunan lebih cocok disebut restauran.

Nah, tapi jangan dipikir Kota Bau-Bau hanya punya yang itu. Yang pasti untuk memenuhi selera makan Anda cukup banyak, di Bau-Bau terdapat sekitar 50-an jenis warung makan yang bisa disebut berkelas..dan letaknya antara satu dengan yang lainnya tidak berjauhan. Pokoknya, tak perlu ragu ke Bau-Bau, apalagi soal makanan, sebab kota ini bisa juga disebut kota dengan sejuta warung..wahh!!!


Responses

  1. Bau2 yang kukenang selama2nya, penuh keindahan dan kenanganku, terima kasih kebaikan masyarakatnya serta macam budayanya dan dari 24 keragaman bahasanya adalah ciri khas bau-bau , semoga cepat tambah maju merdeka

  2. dulu gw juga tinggal di bau2 lo..tempatnya asyikk bgt deh

  3. aslmm…

    saya org malaysia tapi ter ingin pergi ke sana…mcm mana nak prgi ke sana ya…

  4. pak yusri : menuju ke baubau cukup gampang…dari kualalumpur ke Jakarta. terus, dari Jakarta ke Makassar dan Makassar ke Bau-Bau…via pesawat setiap hari…datanglah…

  5. Bau-Bau the best of sulawesi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: